Source : https://muzwave.com/2016/10/muse-shared-ambitious-plans-coming-tour/

Muse merupakan salah satu band yang dikenal jenius dalam penggarapan musiknya.Distorsi-distorsi kencang dan beragam instrumen unik yang kadang nyeleneh akan selalu kita jumpai di setiap album mereka.

Meski banyak menciptakan lagu dengan musik yang cukup bising.Tetapi band asal negeri Ratu Elizabeth ini juga ahli dalam menciptakan lagu dengan tempo pelan.

Pada kesempatan kali ini saya telah merangkum beberapa lagu Muse yang tergolong slow dan tetap enak didengarkan.Dan berikut ulasannya.

5.United States Of Eurasia

Bagian awal lagu ini sedikit mengingatkan kita dengan lagu Beautiful milik Christina Aguilera.Namun setelah berada di bagian chorus,hentakan musik orkestra bernuansa Timur Tengah menjadikan lagu ini terdengar begitu megah.Sedangkan sautan suara choir ala-ala band Queen mengiringi akhir lagu.Walau tak sepenuhnya slow,namun lagu ini tetap bisa dinikmati.Dari segi lirik terbilang cukup berat.Lagu ini mengisahkan tentang sebuah negara imajinasi yang nan damai yang siap melawan dominasi negara adidaya Amerika Serikat.

You and me fall in line

kau dan aku jatuh sejalan

To be punished for unproven crimes

Akan dihukum karena kejahatan yang belum terbukti

And we know that there’s no one we can trust

Dan kita tahu bahwa tidak ada yang bisa kita percaya

Our ancient heroes

Pahlawan kita yang dulu

They are turning to dust

Mereka telah berubah jadi debu


4.Explorers

Lagu ini ada di album ke-7 Muse yang berjudul The 2nd Law.Liriknya mengisahkan tentang seseorang yang berangan tuk mencari tempat baru untuk dihuni.Lantaran bumi yang menjadi tempat tinggalnya kini telah rusak dan sesak.Sebuah lagu berisi kritik keras supaya manusia lebih menjaga kelestarian bumi.

Hear the engines roar

Mendengar gemuruh mesin

And save our crops from drought

Dan menyimpan tanaman kita dari kekeringan

But when the black gold’s in doubt

Tapi ketika emas hitam ini diragukan

There’s none left for you or for me

Di sana tidak ada yang tersisa untukmu dan untukku


3.Sing For Absolution

Menurut penafsiran saya,lagu ini mengisahkan tentang seorang pria yang mencintai seorang wanita.Namun,sang wanita terlebih dahulu pergi sebelum dia mengungkapkan perasaan nya.Hingga diapun tenggelam dalam sesal.

Lips are turning blue

Bibir telah membiru

A kiss that never knew

Sebuah ciuman takkan merubah

I only dream of you

Aku hanya memimpikanmu

My beautiful

Kasih


2.Save Me

Satu-satunya lagu Muse dimana kita tak akan mendengarkan sedikitpun suara sang vokalis,Matthew Bellamy di sepanjang lagu.Ya,karena lagu ini dinyanyikan oleh Bassist Muse,Chris Wolstenholme.Liriknya sendiri mengisahkan perjuangan Chris saat melewati masa-masa sulit dengan bantuan orang yang mencintainya.

Hold me ’cause I’m sure I’m hated

Peluk aku karena aku yakin aku dibenci

Promises, they are overrated

Janji-janji sudah berlebihan

Wait just a while, while I’m

Tunggu beberapa saat, selagi aku

Drowning in denial

Tenggelam dalam penyangkalan


1.Unintended

Salah satu lagu terbaik yang dimiliki Muse.Tak banyak efek musik yang kita jumpai.Namun kesederhanaan musiknya justru mampu bersanding dengan lirik sedih tentang beratnya melupakan luka masa lalu.Terlebih teknik falsetto Matthew Bellamy di bagian chorus yang mampu membuat emosi pendengar terhanyut.

I’ll be there as soon as I can

Aku kan datang secepat ku bisa

But I’m busy mending broken pieces of the life

Tapi aku masih sibuk memperbaiki kepingan hidupku

I had before

Yang kumiliki sebelumnya

Bonusss!!!

Drones

Bukan salah satu single yang dijagokan di album Drones.Namun lagu yang berjudul sama dengan nama albumnya ini sangat sayang jika dilewatkan.Di lagu ini Matthew Bellamy menunjukkan kempauan vokalnya secara maksimal,karena suaranya terbagi menjadi beberapa nada kemudian digabungkan menjadi satu.Lagunya begitu kental dengan nuansa gospel.Walau hanya dengan konsep acapella alias tanpa musik,lagu ini tetap terdengar megah.Saya sudah mencari video lagu di youtube.Namun tak juga menemukannya.Sebagai ganti saya berikan video covernya.

Iklan