Logo MTV Indonesia sejak 2011,Wikipedia

Bagi generasi yang lahir di tahun 90an hingga awal 2000an mungkin tak akan asing dengan salah satu channel musik besutan Viacom,MTV.Di Indonesia sendiri channel ini sempat mendompleng siaran TV swasta nasional yaitu ANTV dan Global TV.

Sebagai sebuah televisi musik,MTV Indonesia tentu saja menghadirkan konten utama berupa musik dari informasi tentang musik,chart,serta deretan video klip berbagai musisi dari dalam dan luar negeri.Walau ada juga variety show buatan MTV yang tak ada unsur musiknya sama sekali namun tetap seru untuk ditonton,sebut saja Pimp My Ride ( ajang modifikasi mobil) , Cribs ( Ngepoin rumah orang dan rumah selebriti), Boiling point , Punk’d ( Ngejahilin orang ) dan masih banyak lainnya.Khusus untuk MTV Indonesia,Global TV membeli lisensi beberapa program MTV dan kemudian diproduksi oleh tim mereka sendiri.

Setiap tahunnya MTV Indonesia juga rutin berburu VJ / Video Jockey ( sebutan untuk presenter ) lewat ajang tahunan MTV VJ Hunt.Lewat acara ini pula lahir VJ -VJ muda yang berbakat seperti Daniel Mananta,Rizki Qinoz,Robby Purba,Sarah Jane,Eliza,Marissa Nasution,dan lainnya.

Perkenalan saya dengan MTV Indonesia terbilang telat.Karena di awal kemunculannya,saya masih terlalu oon untuk tahu acara-acara MTV Indonesia yang memang ditunjukkan untuk pemirsa remaja.Selain,itu saya belum punya tv sendiri di rumah.Saya mulai ngeh tentang MTV ketika sekitar tahun 2008an,TV di rumah menerima siaran Global TV.Di situlah saya mulai tahu sedikit tentang channel musik ini.Karena sebelumnya saya hanya tahu MTV lewat VCD-VCD bajakan yang sering mengambil sampel video klip dari siaran Global TV.

Di tahun tersebut bukanlah lagi masa kejayaan MTV.Karena mulai munculnya acara-acara musik di televisi swasta lain seperti Inbox,dan Dahsyat.Awal kemunculan mereka memang tak mempengaruhi kehadiran MTV Indonesia,namun semakin lama hal ini berpengaruh terhadap rating stasiun TV terkait.Padahal rating sendiri adalah patokan stasiun televisi swasta untuk meneruskan atau tidak sebuah program TV.

Hinga akhirnya di tahun 2012 lalu,MTV secara resmi berhenti siaran di Indonesia.Banyak Anak Nongkrong ( Sebutan untuk penonton MTV) yang menyayangkan hal tersebut.Karena hanya MTV lah acara musik yang menyuguhkan sajian musik,tanpa diselipi gimmick ( settingan ) seperti kebanyakan acara musik sekarang.Acara MTV juga dipandu oleh presenter-presenter yang benar-benar tahu tentang musik.

Memang berat melepaskan kenangan dengan MTV Indonesia.Namun,ada banyak acara mereka yang sangat berkesan hingga membuat saya kangen.

Berikut beberapa diantaranya.

MTV Insomnia

Muncul pertama kali di tahun 2009,acara ini dipandu dua VJ tamu Adit dan Surya.Sesuai namanya,acara ini memang ditujukan untuk menemani para anak nongkrong yang menderita insomnia alias susah tidur dan memilih begadang.Tayang di tengah malam hingga dini hari,acara ini tak hanya menyuguhkan video musik musisi mancanegara terbaru.Namun terkadang membahas suatu topik dengan ditemani bintang tamu.Acara ini rutin saya tonton semasa SMA ketika saya sedang libur sekolah dan tidak berada di kost-an.

MTV Total Request

Salah satu teman sore selepas pulang sekolah.Sejak masa SMP hingga SMA ,kebetulan saya tipikal anak rumahan yang jarang keluar rumah kecuali memang butuh sesuatu.Jadi,saya lebih memilih duduk manis menonton TV.( It’s so pathetic,isn’t it?).Dan acara ini pun menjadi tontonan rutin.Hadir setiap hari senin-jum’at acara ini memanjakan para anak nongkrong untuk merequest video klip lagu favorit mereka baik dari dalam maupun mancanegara.Acara ini dipandu VJ yang masih aktif secara bergantian dari Marissa,Cathy,Mike,hingga Daniel.Beberapa musisi dan band tanah air juga pernah menjadi bintang tamu di acara ini.

MTV PING

PING sendiri akronim dari Playlist In Early Morning.Seperti namanya,acara ini menampilkan serangkaian video klip dari musisi dalam dan luar negeri di waktu menjelang dinihari.Tercatat VJ Boy William dan VJ eliza sempat memandu acara ini.

MTV Zipper

Muncul lebih dulu sebelum akhirnya diganti oleh MTV Total Request.Acara ini menyuguhkan musik video dari dalam dan luar negeri.Acara ini dipandu oleh dua VJ dan terkadang ditemani bintang tamu dari kalangan musisi.Mereka diajak berbincang mengenai karya-karya terbaru mereka.Ada satu segmen dimana VJ akan membacakan request an anak nongkrong yang masuk melalui e-mail.Dulu sempat tertarik untuk iseng-iseng ikut mengirim e-mail.Namun apadaya di tahun 2008,saya belum punya e-mail.(Jaman-jaman ini saya bener-bener gaptek)

MTV What’s Up

Acara ini hadir di setiap akhir pekan dengan durasi kurang lebih setengah jam.Buat anak nongkrong yang ingin mengetahui update terbaru dari penyanyi atau band favorit serta informasi terbaru dari dunia sangat wajib menyaksikan.

MTV Rumah Gue

Entah kenapa,saya menyukai hal-hal berbau arsitektur dan desain.Walau saya tak bercita-cita sebagai seorang arsitek (sampai sekarang saya bingung apa cita-cita saya sebenarnya).Tetapi menurut saya menarik untuk menilik seluk beluk sebuah hunian.Dan acara ini salah satu acara untuk memuaskan hasrat saya pada bidang tersebut.Hadir di akhir pekan dengan durasi 30 menitan,acara ini mengajak kita untuk menengok ke kediaman selebriti.

MTV Gokil

Acara ini mengadaptasi salah satu program MTV Asia,Boiling Point.Dimana tanpa diberi tahu sebelumnya,seseorang akan dihadapkan dengan kejadian yang menjengkelkan dan bisa mengusik batas kesabaran.Jika mereka bisa melewati waktu yang ditetapkan,mereka berhasil mendapat hadiah.

MTV AMPUH

Beberapa tahun lalu,sebuah lagu belum dikatakan sukses jika belum masuk chart MTV Ampuh.Yap,karena tangga lagu MTV ini dulu menjadi tolak ukur kesuksesan sebuah lagu dari solois/band tanah air.Tak hanya asal menyusun peringkat lagu saja.Namun,lagu yang masuk ke 20 chart utama benar-benar diseleksi dari data penjualan lagu,chart radio,hingga jumlah request yang masuk ke pihak MTV Ampuh sendiri.Dengan standar yang cukup tinggi ini,untuk bisa masuk ke chart utama harus sabar mengantri di daftar tunggu ( Bubbling Under Video ) CMIIW.Acara ini sempat berganti-ganti konsep dari Ajang Musik Pribumi Sepuluh,Ketika tayang di ANTV menjadi Ajang Musik Pribumi Dua Puluh ketika tayang di Global TV.Menjelang akhir tayangnya acara ini kembali ke konsep awal dengan chart utama 10 lagu.Pemandu acaranya pun berganti-ganti dari Vj senior Sarah Sechan hingga Vj tamu Boy William.

Sebenarnya banyak sekali acara MTV Indonesia yang booming tetapi tak sempat saya ikuti seperti MTV Bujang,MTV Getar Cinta,MTV Salam Dangdut,dan banyak lagi.

FYI : Di tahun 2014 lalu,MTV Indonesia sempat bangkit melalui kerjasama Viacom Media Networks Asia dengan FORTE yang merupakan anak perusahaam Karsa Group.Dengan menggandeng stasiun TV lokal CTV Network untuk penyiarannya,MTV Indonesia hanya bertahan 1 tahun saja.Tepat pada tanggal 1 November 2015,MTV Indonesia resmi menghentikan siarannya setelah sebelumnya merubah slogan MTV Gue Banget menjadi MTV 1000% Anak Muda.Sedangkan Vj Felly selaku pemenang Vj Hunt 2014 juga belum sempat memandu acara produksi in-house nya.

