Smeaker.com

Bulan yang dinanti-nanti umat muslim akhirnya telah tiba.Tanggal 1 Ramadan 1438 Hijriyah tepat jatuh pada hari ini Sabtu,27 Mei 2017.Selama satu bulan mendatang seluruh umat muslim akan dididik agar lebih disipilin dalam menjalani waktu dengan berpuasa dan melakukan serangkaian ibadah.

Momen Ramadan tak hanya menjadi ajang bagi umat untuk mengejar pahala.Namun,juga ajang bagi musisi untuk berkarya.Memanfaatkan suasana bulan puasa,banyak musisi yang merilis lagu-lagu religi dengan beragam tema islami.Salah satunya adalah tentang bulan ramadan dan puasa itu sendiri.

Berikut beberapa diantaranya

1.Opick – Ramadhan Tiba

Hadir dengan lirik yang sederhana,single ini hadir di dalam album studio ke-4 Penyanyi Pop religi,Opick yang bertajuk Cahaya Hati.Hingga kini lagu ini masih sering wara-wiri baik di radio ataupun TV swasta kala bulan ramadhan menyapa.
Kutipan lirik

Ramadhan tiba…
Ramadhan tiba…
Marhaban ya ramadhan
Marhaban ya ramadhan
Marhaban ya ramadhan
Marhaban ya ramadhan

2.Bimbo – Puasa

Merupakan salah satu tembang lawas yang dipopulerkan oleh band musik asal Bandung,Bimbo.Band ini terdiri dari personil tiga bersaudara kakak beradik Sam Bimbo , Acil Bimbo , dan Jaka Bimbo.Selain puasa,Mereka juga dikenal dengan lagu-lagu religi mereka yang lain seperti Sajadah panjang,Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya,dan Tuhan.Sedangkan Lagu puasa sendiri sempat diplesetkan oleh salah satu operator Indonesia (sebut saja telkomsel) sebagai jingle promo yang mereka tawarkan khusus ramadan dan mudik.

Kutipan lirik

Puasa… puasa…
sebulan penuh puasa
Puasa… puasa…
ramadhan bulan mulia
Puasa… puasa..
wajib bagi yang beriman
Puasa… puasa..
sebetulnya menyehatkan

3.Seventeen – Ramadhan Yang Indah

Dirilis pada tahun 2009 lalu,single ini menjadi lagu religi pertama dari band Seventeen.Sebelumnya mereka dikenal sebagai band pop dengan lagu-lagu cinta mereka.

Kutipan lirik

Ramadhan ini bulan yang sangat indah
Bulan yang suci ‘tuk melebur dosa
Ramadhan ini bulan yang sangat indah
Panjatkan doa atas Allah semata

4.Haddad Alwi Feat. Anti – Marhaban Ya Ramadan

Haddad Alwi merupakan penyanyi religi yang dikenal lewat kesukseksan album bertajuk Cinta Rasul yang dirilis pada tahun 2000.Album ini bahkan masuk jajaran 10 besar album terlaris sepanjang masa di Indonesia.Di tahun 2009 lalu,ia sempat merilis album kompilasi berjudul 12 Lagu Pilihan dimana lagu Marhaban Ya Ramadan dijadikan lagu utamanya.

Kutipan lirik

Marhaban Ya Ramadhan Ya Syahrul Syiam
Marhaban Ya Ramadhan Ya Syahrul Syiam
Selamat datang bulan yang siang harinya mulia
Selamat datang bulan yang malamnyapun mulia
Nafas dan tidur kitapun mendapat pahala
Dosapun diampuni doapun diterima

5.Maher Zain – Ramadan ( Malay / Bahasa Version )

Single yang dirilis pada 2013 alu ini sebenarnya memliki 3 versi bahasa lain,yakni versi Bahasa Inggris,Bahasa Arab,dan Bahasa Turki.Dan untuk fans-fans Maher yang berada di kawasan rumpun melayu,seperti negara Malaysia,dan Indonesia.Ia menghadirkan lagu ini ke dalam versi bahasa melayu.Liriknya menggambarkan tentang seorang hamba yang senantiasa menantikan kehadiran bulan ramadan dengan segala rahmatnya.

Kutipan lirik

Sememangnya kau ku nantikan
Hadirmu hidupkan suram di jiwaku
Dan ku berjanji
Akan ku teruskan
Semangatmu itu
Sepanjang hidupku
Oh Ramadan

Jika kalian punya referensi lain,tulis dikomentar ya!

Dan selamat berpuasa bagi yang menjalankan.

Iklan