Independent.ie

Setelah sempat menulis Lagu Barat Tentang Kesepian / Kesendirian,kali ini saya telah merangkum lagu-lagu dari musisi tanah air yang juga mengangkat tema tersebut.Lagu-lagu ini sekaligus saya dedikasikan untuk seluruh jomblo atau single yang ada diluar sana.Karena liriknya kebanyakan menyoroti nasib kaum-kaum jomblo yang kesepian lantaran belum memiliki pasangan atau baru saja berpisah dengan sang kekasih.Meski ada juga beberapa yang mengisahkan kesendirian sebagai sebuah pilihan.

Langsung saja,ini dia ulasannya.

1.Dygta – Kesepian

Tentang seseorang yang masih trauma karena luka dari hubungannya di masa lalu.Sekian lama ia memilih menutup hati.Namun,kesepian justru menyiksanya.Dia kini ingin seseorang datang mengisi ruang hampa dalam hatinya sebelum dia semakin tenggelam dalam kesendiriannya.

Kutipan lirik

Bukan cinta yang melukai diriku
Dan meninggalkan hidupku lagi
Tolonglah aku
Dari kehampaan ini
Selamatkan cintaku
Dari hancurnya hatiku
Hempaskan kesendirian
yang tak pernah berakhir

2.Efek Rumah Kaca – Lagu Kesepian

Nuansa sedih dan muram tergambar jelas dalam lagu yang dibawakan oleh band Indie asal Jakarta ini.Dengan lirik yang puitis dan balutan musik minimalis,lagu ini mengisahkan tentang kesepian seseorang akibat lelah menanti harapan palsu.

Kutipan lirik

Oh… Di mana tenang yang kau janjikan… Aku kesepian…
Di mana terang yang kau janjikan…
Aku kesepian…

3.Bunga Citra Lestari – Aku Tak Mau Sendiri

Dijadikan sebagai soundtrack film drama Cinta Pertama yang juga dibintangi oleh BCL.“Aku Tak Mau Sendiri” merupakan sebuah lagu pop balad tentang seorang yang merasa kehilangan sosok kekasih yang begitu ia cintai.

Kutipan lirik

Kirim aku malaikatmu
Biar jadi kawan hidupku
dan tunjukan jalan yang memang
Kau pilihkan untukku

4.Sherina Munaf – Sendiri

Sendiri,single yang berada di dalam album Primadona milik mantan penyanyi cilik Sherina Munaf ini menyuguhkan musik alternatif rock yang bernuansa kelam.Terdengar sedikit berbeda dengan musik-musik mainstream yang populer pada tahun 2007 silam.Dari segi lirik,lagu ini mengisahkan seorang wanita yang sudah muak terhadap perlakuan kekasihnya.Hingga ia memilih menyendiri untuk melupakan segalanya.

Kutipan lirik

Sendiri….Biarkan aku sendiri
Sendiri….ooo…ooo

5.Peterpan – Langit Tak Mendengar

Hadir di dalam album soundtrack film Alexandria,lagu ini memiliki lirik yang begitu puitis seperti lagu Peterpan yang lain.Dari penafsiran saya,lagu ini mengisahkan seseorang yang mempertanyakan apa makna hidup ketika dia harus menjalani semuanya dalam kesendirian.

Kutipan lirik

Mengapa hidup begitu sepi
Apakah hidup seperti ini
Mengapa ku selalu sendiri
Apakah hidupku tak berarti
 



Tambahan.

•The Rock – Munajat

Dengan lirik yang sederhana,lagu yang dipopulerkan oleh band besutan Ahmad Dhani ini mengisyaratkan jika kesendirian tak seharusnya membuat kita terus terpuruk.Justru itulah saatnya kita mendekat kepada Ilahi untuk memohon hadirnya sosok pendamping.

Tuhan kirimkanlah aku
Kekasih yang baik hati
Yang mencintai aku
Apa adanya

•Kunto Aji – Terlalu Lama Sendiri

Berada di dalam album Generasi Y,lagu ini bisa mewakili mereka-mereka yang sudah lama menjadi seorang single atau jomblo karena terlalu sibuk dengan dunianya.Hingga muncul rasa ingin memiliki pasangan namun masih bingung bagaimana harus memulainya.

Kutipan lirik

Sudah terlalu lama sendiri
Sudah terlalu lama aku asyik sendiri
Lama tak ada yang menemani rasanya
Sudah terlalu asyik sendiri
Sudah terlalu asyik dengan duniaku sendiri

•Ello – Masih Ada

Dengan predikat sebagai single atau jomblo bukan menjadi alasan untuk tidak bahagia.Selagi kita masih punya cinta di hati,kita bisa membagikan rasa itu kepada orang-orang di sekitar.Sendiri tak menjadi penghalang kita untuk menikmati hari-hari.Pesan ini bisa kita temukan dari lagu milik musisi bernama asli Marcello Tahitoe,atau yang lebih kita kenal dengan nama Ello ini.

Kutipan lirik

Aku ingin menjadi setitik awan kecil di langit
Bersama mentari
Walaupun ku sendiri tapi aku masih ada
Masih ada cinta di hati