Noah Menunggumu,Liputan6.com

Selain sebagai alat promosi sebuah lagu, video klip juga dijadikan sebagai media untuk memvisualisasikan makna sebuah lagu. Oleh karenanya, video klip tak sembarang dibuat. Eksekusinya harus benar-benar matang agar pesan lagu ikut tersampaikan dalam alur cerita video tersebut. Dan tak sebatas itu saja, konsep yang unik juga dibutuhkan untuk menarik lebih banyak perhatian para fans dan penggila musik.

Namun dengan banyaknya video klip yang terus dirilis, tak jarang pula kita menemui kesamaan antara video satu dengan video yang lain. Kesamaan ini bisa ditemui dari alur cerita atau konsepnya itu sendiri. Hal ini bisa terjadi karena kebetulan atau memang musisi atau pembuat video tersebut terinspirasi dengan video lain.

Seperti pada 5 video klip musisi Indonesia berikut ini, yang jika kita cermati memililki kemiripan dengan video klip musisi mananegara.

1.Krishna New Spectrum Ft. Ale – Rahasia Indah & Coldplay – The Scientist

Dari segi cerita kedua video musik ini sebenarnya menyuguhkan permasalahan yang berbeda, Video milik krishna mengisahkan tentang pengkhianatan yang dialami seorang pria oleh wanita yang telah menyembunyikan status hubungannya, sedangkan video Coldplay mengisahkan kejadian setelah sepasang kekasih mengalami sebuah kecelakaan. Adapun kesamaan dalam kedua video tersebut adalah konsep penceritaannya yang menggunakan alur mundur atau backward. Di kedua video, beberapa adegan juga menampilkan penyanyi dan beberapa figuran berjalan melawan arah. Di Indonesia konsep penceritaan serupa pernah di pakai Peterpan dalam video klip Ada Apa Denganmu, dan di luar negeri sejumlah musisi seperi David Cook, Pharcyde, Yuna juga menggunakannya dalam video klip mereka Come Back To Me, Drop, dan Lanes.

2.Sherina – Sendiri & Muse Hysteria

Dengan genre rock alternatif, lagu ini menjadi tanda awal kemunculan mantan penyanyi cilik Sherina, sebagai penyanyi dewasa. Meski di single-single berikutnya musiknya cenderung ke arah pop. Namun lagu ini menjadi bukti keseriusan Sherina masuk dengan image baru di industri musik. Dengan distorsi yang kencang serta nada yang kelam, Sendiri divisualisasikan lewat sebuah video yang menyoroti seorang pria bertelanjang dada tengah mengamati camcorder yang ada di tangannya. Terlihat amarah dan kekecewaan begitu meliputinya lantaran sosok kekasih (Sherina) memilih mengacuhkannya. Dengan latar belakang tersebut, serta tone video yang kehijauan maka sekilas kita akan teringat dengan beberapa adegan di video klip Hysteria milik band asal Britania Raya, Muse.

3.Hello – Biarkan Berlalu & Maroon 5 – She Will Be Loved

Di awal kemunculannya, Band asal Jogjakarta, Hello sempat menarik perhatian musik Indonesia. Tak menyuguhkan pop melayu seperti band-band lain pada era tersebut. Musik mereka begitu funky dengan permainan melodi gitar ala band Maroon 5. Benar saja, Hello sendiri mengakui jika Maroon 5 memang inspirasi musik mereka. Namun tak hanya sebatas itu, kemiripan dengan Maroon 5 ternyata juga berlanjut pada salah satu video klip mereka, Biarkan Berlalu. Dimana dalam video ini disuguhkan kisah perselingkuhan antara seorang pria dengan ibu kekasihnya yang tentu akan mengingatkan kita dengan kisah dalam video klip She Will Be Loved-nya Maroon 5.

4.Isyana Sarasvati – Pesta & Katy Perry – Last Friday Night (T.G.I.F)

Memiliki alur cerita yang hampir sama seperti Last Friday Night-nya Katy Perry, video milik isyana ini menampilkan sosok seorang gadis cupu yang berubah penampilan saat menghadiri pesta. Di bagian akhir video si gadis juga sama-sama dimarahi orang tuanya. Tetapi kesamaan konsep mungkin terjadi karena kebetulan semata. Selebihnya video Isyana berjalan dengan gayanya sendiri tanpa embel-embel adegan senonoh seperti dalam video milik Katy Perry.

5.Noah – Menunggu & Siska – Unconditional Rebel

Satu lagi video yang punya kemiripan konsep dengan video klip musisi luar, kali ini diusung oleh salah satu band papan atas Indonesia, Noah. Single menunggu sebelumnya dibawakan mereka ketika masih bernama Peterpan dengan berkolaborasi bersama salah satu legenda musik Indonesia, Chrisye. Video klip nya dibalut dengan tone sephia yang membuat video terasa lebih dramatis. Di album second chance, mereka kembali membawakan lagu ini dengan membuat ulang video klipnya. Namun, beberapa pihak menemukan kesamaan konsep antara video versi baru ini dengan video Unconditional Rebel milik musisi asal Prancis, Siska. Kesamaan ada pada latar belakang, teknik pengambilan gambar dan penempatan penyanyi dalam video.

Mungkin kalian juga pernah mengamati video klip lain,share ya!