Gogobli.com

Blog ini memang akan saya jadikan sebagai blog gado-gado dengan bahan pilihan dan bumbu racikan ala chef juna saya sendiri. Jadi, selain membahas musik dari hasil riset dan penerawangan mbah google, serta kajian ilmu sotoyisme. Hal-hal yang menarik  janggal, tak lazim, norak, kampungan , jorok ,katrok terkait kehidupan saya akan turut diangkat ke permukaan dengan bantuan  Limbad dan tongkat Sun Go Kong. 

Setelah kemarin saya sudah sedikit curcol tentang keresahan saya dalam menghadapi musim hajatan yang turut membuat saya terfikir akan kawin pernikahan. Di kesempatan kali ini saya akan mambahas makanan-makanan yang saya gemari. Makanan yang dalam bahasa Jawanya panganan, merupakan kebutuhan pokok manusia untuk terus bertahan hidup. Tanpa asuhan gizi ke dalam tubuh dalam jangka waktu cukup lama,  bisa dipastikan manusia akan mati karena tak adanya lagi sumber energi. Ahh….maaf jika penjabaran nya terlalu dangkal, kebetulan saya anak IPA yang berjiwa IPS.  

Nah setiap individu juga punya makanan kesukaan masing-masing. Termasuk saya yang masih hidup melajang ini. Njirr.. Apa hubungannya jancuk. Sebagian  orang mungkin menyukai makanan-makanan elit seperti crabby patty atau kue dorayaki. Tetapi sebagai orang yang tinggal di gunung, saya hanya punya beberapa menu makanan sederhana yang menjadi favorit saya. 

Langsung saja lah.. Saya bahas satu per satu. 

1.Tahu

resepmasakankreatif.blogspot.com

Makananan yang terbuat dari biji kedelai ini menurut saya adalah makanan yang fleksibel. Tak hanya bisa disandingkan dengan nasi putih di piring sebagai lauk setelah digoreng, ditumis atau dipepes. Tetapi tahu juga bisa dijadi kan cemilan,terlebih tahu dengan kulit yang kasar seperti tahu Sumedang, atau tahu bulat. Rasanya yang gurih memberi sensasi kenikmatan tersendiri pada lidah say.Saya sendiri sedari kecil memang gemar sekali mengkonsumsi tahu.

2.Tempe

ubudfoodfestival.com

Masih serumpun dengan tahu, makanan hasil permentasi biji kedelai ini bisa dinikmati dalam ragam bentuk olahan. Bisa dijadikan gorengan, keripik, atau ditumis menjadi oreg. Tak ada alasan khusus kenapa saya menggandrungi makanan ini. Selain rasanya yang lezat dan harganya yang murah. Di sisi lain makanan ini juga kaya dengan gizi.

3.Buah Pisang

Manfaat.co.id

Ada banyak jenis pisang yang saya ketahui mulai dari pisang Ambon, Raja , Kepok, dan Bawen .Terkecuali Bawen yang harus digoreng dahulu sebelum dikonsumsi, semua jenis pisang hampir saya sukai. Selain manis dan mengenyangkan, buah yang berasal dari suku Musaceae ini punya tekstur yang lembut sehingga mudah dikunyah. Selain bisa dikonsumsi secara langsung, beberapa jenis pisang juga bisa diolah menjadi ragam cemilan seperti pisang goreng, kolak hingga keripik. 

4.Kacang-Kacangan

Infobdl.net

Setelah pisang, lalu suka kacang-kacangan. Apa mengingatkan kalian dengan sesuatu?. Baik.. Lupakan. Tak bisa dipung kiri jika aneka kacang-kacangan dari kacang polong, kacang tanah,hingga kacang  kedelai. Mereka semua terasa nikmat untuk dijadikan camilan. Terlebih kacang tanah jika direbus atau dipanggang. Rasa gurih yang diberikannya sering membuat saya lupa jika ia kadang menjadi pemicu timbulnya jerawat di wajah. 

5.Bakso

Femina.co.id

Bentuknya bulat, teksturnya kenyal, dan nikmat disantap saat masih hangat. Makanan yang terbuat dari daging ayam/sapi giling dan tepung tapioka ini merupakan salah satu makanan berkuah yang hampir digemari oleh semua orang Indonesia. Selain kelezatan rasa dan harganya yang cukup terjangkau, kemudahan untuk mendapatakannya juga menjadi alasan kenapa banyak kalangan dari muda sampai tua menggemarinya.

6.Mie Instan

efektips.com

Seperti nasi, mie instan merupakan salah satu panganan yang dikonsumsi hampir semua masyarakat Indonesia. Selain harganya yang murah, dan kemudahan pengolahannya. Makanan yang identik dengan anak kosan ini punya ragam varian yang tak akan membuat penikmatnya bosan. Dan di Indonesia sendiri ada beberapa merk mie instan yang digandrungi masyarakat,antara lain, Mie Sedaap, Indomie, dan Sarimi. Saya sendiri tim Mie Sedaap. Walaupun varian yang tak ditawarkan tak sebanyak Indomie. Namun tekstur mie nya terasa lebih lembut dan kenyal di lidah saya.

7.Sayur Mayur

suppliersayursurabaya.wordpress.com

Sayuran merupakan salah satu sumber serat, vitamin, dan mineral untuk tubuh. Untuk itu, saya terkadang menyayangkan sekali kepada orang-orang yang tak terlalu tertarik mengkonsumsi sayuran.Ya walau tak bisa disalahkan karena itu selera masing-masing individu. Adapun sayuran yang saya suka antara lain, Kangkung, Sawi, Kobis, Selada air, Bayam, dan Brokoli. Sayuran tersebut sangat enak disantap setelah ditumis atau dijadikan sop dan dicoel sambal yang pedas. 

Nah, tadi beberapa makanan favorit saya. Jika suatu saat saya bertamu ke rumah kalian. Jangan lupa ya suguhi saya dengan makanan-makanan diatas.. Wkwkwkw

Oh, ya share juga makanan favorit kalian ya?