Bendera Malaysia,Theflagshop.co.uk

Lupakanlah sejenak tragedi bendera terbalik, hingga ragam kecurangan yang dilakukan wasit di ajang SEA Games 2017 Kuala Lumpur pada atlet Indonesia kemarin. Meski terkesan disengaja, tetapi dari sudut pandang saya pribadi semua hanyalah ulah oknum tertentu yang ingin mengadu domba Indonesia dan Malaysia. Sebagai bangsa yang besar mari kita memaafkan dan balas perlakuan tak menyenangkan tersebut dengan hal yang lebih positif, yakni dengan lebih berprestasi di ajang lainnya.

Diluar kebiasaan mereka yang sering berkonflik dengan negara kita. Sebagai bangsa yang juga barasal dari suku melayu, Malaysia sebenarnya punya banyak kesamaan dengan negara Indonesia. Selain kesamaan ras dan bahasa. Kita juga punya kesamaan dalam budaya, salah satunya bisa kita temui dalam musik.

Kembali ke satu dekade lalu, bagi generasi 90an hingga 2000an pasti ingat dengan banyaknya lagu-lagu yang didendangkan oleh band atau penyanyi solois asal Malaysia yang diputar hampir setiap saat di radio dan VCD player setiap rumah, hingga menjadi salah satu lagu wajib di setiap diselenggarakannya hajatan.

Musiknya kebanyakan ngerock namun beritme lambat. Sedangkan suara tinggi vokalis yang mendayu menyenandungkan lirik cinta yang puitis. Ini menjadikan musik-musik Malaysia mudah sekali dicerna telinga kita. Musik seperti ini tak jauh berbeda dengan musik dalam negeri yang cenderung bernada minor dan bertema tentang cinta.

Nah, dari banyaknya lagu-lagu hits dari Malaysia yang pernah populer di tanah air. Kali ini saya telah merangkum 10 lagu yang menurut saya paling berkesan dan menjadi daftar favorit saya. Walau kebanyakan lagunya dirilis di tahun 90an, tapi di era milenium lagu tersebut masih mencapai popularitasnya.

1.Exists – Mengintai Dari Tirai Kamar (Buih Jadi Permadani)

Selain Mencari Alasan,Rindu Serindu Rindunya, lagu dari band yang beranggotakan Joey (vokal) ,Along(gitar) ,Musa (bass) ,dan Ujang (dram) ini begitu membekas di ingatan saya. Tembang sendu tentang perjuangan seorang pria meluluhkan hati sang pujaan yang berakhir dengan penolakan ini ada di album Exists berjudul Jangan Gentar dan dirilis tahun 1997 silam. Atmosfir musik sedih yang disuguhkan dari band asal Johor, Malaysia ini begitu mengisyaratkan pedihnya ketika harus mencintai orang yang tak sederajat dengan kita. Karena pada akhirnya, kekurangan kita hanya akan jadi bahan permainan belaka.

Kutipan lirik

Salah aku juga
Kerana jatuh cinta
Insan sepertimu
Seanggun bidadari
Seharusnya aku cerminkan diri
Ku sebelum tirai kamar aku
Buka mengintaimu…

2.U.K’s – Cinta Itu Buta

Tetap setia menunggu walau telah dikhianati dan disakiti sang kekasih.Mungkin ini yang dinamakan cinta buta.Sebuah gelombang rasa yang kadang membuat otak kita menjadi tak realistis dan lupa untuk mencintai diri sendiri. Pernah mengalaminya? Lagu hits yang dibawakan milik band U.K’s mungkin bisa mewakilimu. Dirilis di tahun 1997, lagu ini menjadi salah satu soundtrack patah hati para remaja di masanya.

Kutipan lirik

Jika benar cinta itu buta
Butakah hatiku
Berkali terluka masih juga
Ku menunggu
Hanya satu pinta ku
Ketulusan hati dan kesetiaanmu

3.Search- Isabella

Salah satu lagu hits tahun 90an ini begitu booming di Indonesia hingga awal tahun dua ribuan. Tepatnya ketika saya masih duduk di bangku SD. Sepupu saya sering memutar lagu ini di VCD playernya hampir setiap diri. Kepopuleran lagu yang dibawakan band Search ini sempat mengilhami band ST12 untuk mendaur ulang lagu tersebut. Lagu versi barunya sendiri sempat dijadikan soundtrack sinetron berjudul Isabella yang dibintangi oleh Naysilla Mirdad pada tahun 2009. Jika didengar sekilas lagu ini mengisahkan kandasnya hubungan akibat perbedaan. Namun mengutip dari Kaskus, lagu ini punya penafsiran lain yakni tentang jatuhnya kejayaan islam di Andalusia (Spanyol) oleh pasukan Katolik dibawah pimpinan Ratu Isabella dan Raja Ferdinand V.

Kutipan lirik

Dia Isabella
Lambang cinta yang lara
Terpisah kerana
Adat yang berbeda
Cintaku gugur bersama
Daun daun kekeringan…

4.Slam – Gerimis Mengundang

Hujan rupanya menginspirasi banyak musisi untuk menciptakan karya yang berhubungan dengannya. Salah satunya dalam lagu berjudul Gerimis Mengundang yang dibawakan oleh Zamani , Shah , Man, Eddie, Lili dan Ajak yang tergabung dalam band Slam. Lewat tembang bernuansa sendu ini mereka menggambarkan jika perpisahan ibarat gerimis yang mengguyur syahdunya musim panas. Kira-kira seperti itulah penafsiran saya tentang lagu ini.

Kutipan lirik

Kusangkakan panas berpanjangan
Rupanya gerimis, rupanya gerimis mengundang
Dalam tak sedar ku kebasahan
Pernah juga kau pinta perpisahan
Aku sangkakan itu hanyalah gurauan
Nyata kau serius dalam senyuman

5.Lestari – Air Mata Di Persandinganmu

Masih bertemakan sakitnya patah hati, kali ini mengisahkan kekecewaan seorang Pria atas keputusan mantan kekasihnya untuk menikah dengan orang lain. Padahal ia telah bersabar menanti. Alih-alih sudah tak peduli lagi, ternyata sang mantan telah menemukan sosok lain yang akan menjadi pendamping hidupnya. Pernikahan yang sejatinya membawa kebahagiaan, kini justru dipenuhi tangis pilu bagi si Pria. Tembang yang didendangkan oleh Band Lestari  ini ada pada album Satu Hati yang dirilis tahun 1995. Walau terkesan galau dan menyedihkan tapi lagu ini telah banyak membius penikmat musik di tanah air.

Kutipan lirik

Setelah kian lama terpisah
Ku harap akan bertemu lagi
Puaslah aku menunggumu
Namun kau masih membisu
Rupanya engkau sudah pun ada pengganti diriku
Patutlah kau tak pedulikan ku
Oh berderai airmata ku mengiringi hari
Persandinganmu

6.Iklim – Suci Dalam Debu

Suara vokalisnya yang melengking indah diiringi lirik cinta bermajas membuat semua pendengarnya akan terpikat. Petikan lirik “Bagaikan air yang jernih..mengalir ke tempat yang berdebu” pasti akan membuat kita bernostalgia pada lagu lawas milik band asal Trengganu, Malaysia ini. Single yang dirilis pada tahun 1990 di bawah naungan SCS Record (Sekarang Rock Record Of Malaysia) sempat mendapat penghargaan di kategori Best Lyric dalam Ajang Juara Lagu.

Kutipan lirik

Suatu hari nanti
Pastikan bercahaya
Pintu akan terbuka
Kita langkah bersama
Di situ kita lihat
Bersinarlah hakikat
Debu jadi permata
Hina jadi mulia

7.Siti Nurhaliza – Bukan Cinta Biasa

Tak hanya grup musik atau band saja yang berhasil mencuri perhatian para penggemar musik di tanah air. Penyanyi solo, seperti Siti Nurhaliza juga berhasil mendapat tempat di Industri musik tanah air. Album-album yang dia rilis ternyata tak hanya laku di negara asalnya saja. Hits milik penyanyi yang kerap tampil di event internasional tersebut juga banyak diputar dan terkenal di Indonesia. Salah satunya lagu Bukan Cinta Biasa ini. Berada di album E.M.A.S (Edaran Muzik Aspirasi Semasa) , lagu pop balad ini ditulis sendiri oleh Siti bersama penulis lagu Indonesia, Dewiq.

Kutipan lirik

Cintaku bukan diatas kertas
Cintaku getaran yang sama
Tak perlu dipaksa Tak perlu dicari
Kerna kuyakin ada jawabnya

8.Stings – Kusapu Air Mata Tanda Perpisahan

Kata “ku” dan “kau” yang dinyanyikan berulang di bagian chorus sebenarnya terdengar lucu. Ditambah beberapa kata dari bahasa melayu yang terdengar kaku bagi orang Indonesia. Namun tak bisa dipungkiri, pembawaan Poey sang vokalis dalam lagu ini begitu menggambarkan makna sedih di dalam lagu yang dirilis tahun 1998 silam ini.

Kutipan lirik

Kau Kau Kau aku sayang
Ku ku ku kau singkirkan
siksa aku selamanya haa…
Ku ku ku tak menduga
Kau kau kau dah berubah
Dalam diam kau menolak cintaku

9.Eye – Satu Nama Di Dalam Hati

Disambut distorsi gitar yang cukup rapat di bagian awal.Secara keseluruhan lagu ini terdengar begitu syahdu nan menyayat. Namun lagu ini sebenarnya punya lirik yang penuh akan harapan. Ketika dua insan yang pernah menjalin cinta harus terpisahkan oleh situasi yang tak diinginkan. Tetapi satu pihak masih tetap setia menjaga hati dan memperjuangkan kebahagiaan yang pernah diraih bersama.

Kutipan lirik

Walau akhir ini seakan terpisah
Oleh masa dan suasana tak dipinta
Namun percayalah tidak sedikitpun
Kasih ku kepadamu surut dan berubah
Pasti satu masa kan bersama lagi

10.Boboy – Sayang Perlu Diucapkan

Berbeda dengan 9 lagu sebelumnya yang bisa membuat galau. Untuk menutup plalylist kali ini, saya telah memilih lagu dengan musik melayu bernuansa lebih ceria.Didendangkan oleh band Boboy (Saya tak tahu apa hubungan mereka demgan boboy boy), lagu ini punya syair yang bijak dan sarat makna. Dimana band yang aktif dari 2001-2005 ini mengajak setiap individu untuk berbagi kasih sayang pada sesama,mulai kedua orang tua, teman ,saudara , hingga semua orang.

Kutipan lirik

Sayangkan ibu ayah
Dan saudara
Teman sekeliling kita
Sayang semua
Saling suka
Hormat diantara kita

Ada favorit kalian dari daftar di atas? Tulis di komentar ya. Share juga lagu Malaysia kesukaan..

Iklan