Whistle,showbams.com

Selain mengawinkan ragam genre dan menciptakan musik yang menyesuaikan tren. Untuk memperkaya warna, para musisi juga sering menambahkan efek atau bunyi unik ke dalam lagunya. Salah satu yang paling sering dilakukan adalah penambahan filter suara siulan.

Dalam kehidupan sehari-hari, bunyi yang bersumber dari mulut ini, sering kita jadikan sebagai aba-aba atau untuk sekedar bersenandung tanpa melafalkan lirik. Namun di tangan para musisi, siulan justru menjadi sebuah komposisi penting dalam sebuah lagu.

Berikut lagu dengan siulannya yang khas, yang telah saya rangkum dari berbagai sumber.

1.Adam Lambert – Ghost Town

Hits yang ditulis oleh Sang Sterling Fox ,Max Martin ,Ali Payami ,dan Tobias Erik Karlsson ini berada di album ketiga penyanyi solo pria jebolan American Idol musim 8, Adam Lambert yang bertajuk The Original High. Meski dibalut dengan beat musik elektronik yang rapat. Lagu ini tetap diberi ruh glamrock Adam lewat suara tingginya di bagian Chorus. Di bagian ini pula kita akan mendengar sautan suara siulan yang begitu menggoda telinga.

2.Barry  Manilow – Can’t Smile Without You

Tak begitu banyak bunyi siulan di dalam lagu pop balad yang dirilis tahun 1997 ini.Kita hanya menjumpainya sebelum bagian intro. Namun secara keseluruhan, lagu yang pernah berhasil mencapai posisi 3 di chart Billboard Hot 100 ini terdengar begitu syahdu dan romantis. Di tahun 2008 lagu ini juga sempat digunakan di salah satu scene film Hellboy II :The Golden Army.

3.Foster The People – Pumped Up Kids

Tak bisa dipungkiri, jika di Indonesia lagu ini mencapai puncak popularitasnya setelah Fatin Shidqia membawakannya di ajang X Factor Indonesia di tahun 2012 silam. Dengan irama yang menawarkan hook mematikan membuat kita lupa jika lagu ini sebenarnya  punya makna yang kelam yakni tentang maraknya penggunaan senjata api secara tak bertanggung jawab di kalangan remaja Amerika Serikat. Sementara untuk suara siulannnya sendiri, kita bisa menjumpainya di menit ke 02.48 hingga 03.03.

4.Muse – The Globalist

Lagu yang berada di album studio Muse ke-7 bertajuk Drones ini, menjadi salah satu lagu mereka dengan durasi yang panjang. Dengan total durasi 10 menit 7 detik, lagu ini memanjakan telinga kita dengan suguhan musik atmosferik film barat ala trio asal Britania Raya tersebut. Diawali dengan suara siulan yang membuka awal lagu hingga menjelang menit kedua. Kemudian disusul vokal Matthew Bellamy dengan mood kelamnya yang khas. Lagu ini menjadi karya yang begitu kaya nan megah. Tanpa mengesampingkan liriknya yang bermuatan politis tentunya.

5.Maroon 5 – Moves Like Jagger (Ft. Christina Aguilera)

Selain karena sempat menjadi jingle salah satu iklan minuman isotonik,sebut saja Mizone. Lagu yang ditulis oleh Adam Levine , Benny Blanco, Ammar Malik , dan Shellback ini meraih ketenerannya berkat radio-radio di tanah air yang sering menjadikannnya sebagai  lagu mood booster di pagi hari. Tak hanya itu, acara TV swasta di Indonesia juga sering menjadikannya sebagai musik pengiring. Suara khas Adam Levine dengan sisipan vokal Christina Aguilera berkolaborasi indah dengan musik pop elektronik. Dan hooknya pun berhasil meyuntikkan sebuah candu. Ditambah lagi dengan suara siulan repetitif yang menghipnotis telinga untuk mendengarkannya lagi dan lagi.

6.FloRida – Whistle

Sedikit mengesampingkan makna lagunya yang mengarah ke hal seksual. Lagu yang ditulis oleh Florida bersama David Glass, Marcus Killian, Justin Franks , Breyan Isaac and Antonio Mobley memang diakui punya magnet tersendiri dari iramanya yang begitu catchy dan disertai siulan ikonik. Menjadi single ketiga di album Wild Ones, lagu ini sempat pula memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100.

7.Scorpions – Wind of Change

Rasanya sulit sekali untuk tidak mengenali hits klasik milik band asal Jerman ini. Dengan hanya mendengar dari intronya saja,kita sepakat jika petikan gitar yang diringi suara siualan dari vokalis Scorpions, Klaus Meine memang sudah menjadi identitas tersendiri untuk lagu yang dirilis pada tahun 1991 silam ini. Berada di album “Crazy World”, lagu ini ditulis menyusul gejolak di Eropa Timur pasca runtuhnya tembok Berlin dan hancurnya Uni Soviet.

8.Guns N’ Roses – Patience

Satu lagi hits dari band rock klasik  90an yang sangat identik dengan siulan vokalisnya. Dibawakan oleh band Hard Rock asal Amerika Serikat, Guns & Roses, lagu yang berada dalam album G N’ R Lies  ini disajikan dengan konsep akustik. Dengan musiknya yang cenderung lebih kalem di banding lagu-lagu mereka lainnya, lagu ini dipastikan bisa membius para penikmat musik.

9.OneRepublic – Good Life

Berada di album kedua OneRepublic yang bertajuk Waking Up, “Good Life” mencapai popularitasnya setelah sampel musiknya digunakan di beragam media dari film,serial TV , hingga iklan. Dikutip dari wikipedia, single ini Pernah dipakai di trailer Film  Eat ,Pray ,And Love dan di serial Cougar Town , Gossip Girl , One Tree Hill , Rookie Blue , America’s Got Talent , dan ‘90210 ,serta video “Year in Review” tahun 2010 yang dibuat oleh Google. Selain menawarkan irama ceria bersambut siulan yang memanjakan pendengarnya, lagu ini juga menyuguhkan lirik yang positif tentang bagaimana cara menikmati hidup.

10.Ke$ha – Crazy Kids (Ft. Will.i.am)

Meski tak terlalu sukses di tangga lagu internasional, salah satunya hanya berhasil menembus posisi 27 di Official Chart Inggris, dan posisi 40 di Chart Billboard Hot 100. Single yang berada di album Warrior ini sebenarnya adalah salah satu lagu asyik yang bisa menjadi penyemangat di saat bad mood. Diawali dengan bunyi siulan lirih di bagian intro, hingga perlahan Ke$ha menaikkan temponya mengajak pendengar untuk ikut menggila.

Ada lagu favorit kalian atau mungkin punya tambahan lain, share ya?