โ€‹Setelah membaca tulisan Mba Wawa, #BC 60 : 7 Karakter Favorit Dalam Film , saya juga tertarik untuk mengikuti tantangan ke-60 Blogger’s Challenge dari Mas Arif dengan tema

Karakter film/drama/serial/anime kesukaan serta alasannya. Minimal 3

Selain mendengarkan musik dan berselancar di dunia maya, cara lain yang saya lakukan untuk menghibur diri adalah dengan menonton film. Baik itu lewat televisi, ataupun lewat smartphone/laptop dari hasil download secara ilegal๐Ÿ˜›. Genrenya pun beragam dari Aksi ,Thriller ,Sci-Fi ,Drama ,bahkan Horor.

Meski intensitasnya kini sudah tak terlalu sering, karena kesibukkan dan minimnya kuota internet. Tetapi sesekali saya masih menyempatkan diri untuk menonton.

Dengan mengikuti jalinan cerita, dan rangkaian gambar yang tersaji dalam sebuah film. Rasa bosan dan jenuh seringkali lepas begitu saja.

Selain itu, kemunculan karakter atau tokoh yang memiliki latar dan watak yang beragam juga menjadi daya tarik tersendiri. Hingga tak jarang, karakter tersebut membekas dan meninggalkan kesan.

Berikut 5 karakter / tokoh film yang saya suka.

1.Wolverine

studybreaks.com

Wolverine atau Logan merupakan salah satu karakter superhero berjenis mutan yang diangkat dari komik terbitan Marvel. Tokoh yang identik dengan cakar admantiumnya ini diperankan dengan baik oleh aktor Australia, Hugh Jackman baik dalam seri X-Men maupun versi solonya. Di versi layar lebarnya sendiri, digambarkan jika ia adalah salah satu mutan yang dingin ,ganas ,kuat ,dan kadang liar. Tetapi di satu sisi dia adalah sosok yang menyimpan masa lalu begitu kelam. Dengan mengalami penuaan yang lebih lambat dibanding manusia biasa. Rentetan tragedi memilukan telah ia alami. Dari membunuh ayahnya sendiri dan dikhianati oleh sang istri di X-Men Origins : Wolverine, kehilangan orang yang disayang di X2 : X – Men United, bertemu dengan musuh yang sebenarnya adalah orang yang sempat ia selamatkan, di The Wolverine, hingga harus mengakhiri hidup dengan tragis di film terakhirnya, Logan. Tetapi sisi kelam yang humanis inilah yang menjadikan karakter ini menurut saya menarik.

2.Jay Gatsby

Indiwire.com

Melihat beberapa adegan di awal film,saya sempat mengira jika film The Great Gatsby hanyalah film drama yang menyoroti kehidupan hedonisme barat di era tahun 1920an saja. Namun semakin jauh yang mengikuti filmnya, anggapan saya ini rupanya salah. Di bagian ending , kita akan diperlihatkan sisi lain dari sosok Jay Gatsby, seorang milyarder kaya misterius yang dikenal baik hati namun ternyata memilki sisi rapuh. Dibalik usaha kerasnya untuk meraih semua mimpinya. Ada hal lain yang tak bisa ia dapati.Ia adalah sosok Daisy, cinta dari masa lalu nya yang kini telah menjadi seorang istri dari Tom Buchanan. Dari sosok Gatsby setidaknya saya belajar, jika tak ada salahnya untuk mencoba menggapai apa yang kita cita-citakan. Tetapi kita juga perlu bijak dan realistis ketika apa yang kita perjuangkan adalah hal yang mustahil. 

3.Katniss Everdeen

cbsnews.com

Katniss merupakan sosok remaja putri berumur 16 tahun yang begitu menyayangi keluarganya. Alih-alih membiarkan adiknya mengikuti kompetisi mematikan bertajuk The Hunger Games buatan The Capitol, ia justru memberanikan diri untuk meggantikan posisi sang adik. Lewat keberanian nya itu pula,ia terpilih memerankan Mockingjay sebagai simbol perlawanan terhadap Presiden Snow yang sangat kejam dan diktator. Saya sendiri belum sempat membaca novel trilogi yang ditulis oleh Suzanne Collins ini, namun hanya dengan melihat filmya kita akan tahu jika sosok Katniss merupakan sosok heroik yang berani bersuara atas perilaku tak adil sang penguasa. Meski sebagai manusia biasa dia juga mengalami masalah traumatis, serta merasakan kehilangan ketika berada jauh dari Peeta. Tetapi semua itu tak membuatnya gentar untuk terus memperjuangkan sebuah kemerdekaan.

4.Severus Snape

Popsugar.com

Jika melihat deretan seri film Harry Potter sebelum The Deathly Hellow Part 2, jujur saya sangat merasa jengkel dengan karakter Professor Snape. Selain sering mencela dan mempersulit Harry Potter, dia juga karakter dengan watak yang kaku , dingin ,dan keras.Puncaknya ketika di The Half Blood Prince terbongkar jika dia adalah sang pangeran berdarah campuran yang diberi mandat menghabisi Dumbledore menggantikan tugas Draco. Namun diluar dugaan, J.K Rowling sang pencipta karakter, justru dengan cerdik membuat kita menyesal telah membenci sosok yang diperankan oleh Alan Rickman tersebut. Setelah terbunuh oleh Voldemort, Snape memberikan memori lewat tetesan air matanya kepada Harry Potter. Setelah melihatnya, Harry turut pula menyadari jika sosok Snape yang selama ini dikenal menyebalkan rupanya adalah pribadi yang penyayang dan setia. Rasa sayangnya terhadap Lily Evans, ibu kandung Harry,membuat ia berbalik mengasihi Harry meski pada awalnya ia sangat membencinya. Turut terlihat pula jika Snape sebenarnya lebih setia pada Orde Phoenix dibawah Dumbledore, dibanding Pelahap maut yang bernaung pada Voldemort.

5.Charlie Bucket

Pinterest.com

Film Charlie And The Chocolate Factory merupakan film fantasi yang diangkat dari novel  karya Roald Dahl dan dirilis pada tahun 2005. Selain menampilkan karakter nyentrik Willy Wonka yang di perankan dengan mudah oleh Johnny Depp. Salah satu karakter yang paling mencolok bagi saya adalah karakter seorang bocah lugu bernama Charlie Bucket. Hidup dengan latar belakang keluarga yang sangat sederhana, ia selalu memimpikan untuk bisa masuk ke dalam pabrik Willy yang sangat termahsyur dengan aneka produk cokelatnya yang lezat. Tetapi ketika keberuntungan datang dan memberikannya kesempatan untuk tinggal dan bekerja di pabrik. Charlie justru menolak, karena Willy mengajukan syarat agar Charlie turut meninggalkan keluarganya. Ia pun lebih memilih kembali hidup seadanya bersama kedua orang tua dan empat kakek-neneknya di rumah kecil mereka, karena keluarga bagi Charlie adalah segalanya. Dari Charlie setidaknya saya belajar jika kemewahan duniawi tak akan bisa menggantikan peranan keluarga, yang selalu bisa kita jadikan sandaran kala menghadapi masa-masa sulit.

Sebenarnya masih banyak karakter dalam film yang saya sukai. Lain kali jika sempat, saya akan membahasnya.

Nah apa kalian juga punya tokoh, baik dalam Film, Serial TV, atau anime yang menjadi favorit kalian?Share juga ya!

Iklan