Kurang lebih setahun sudah saya mengelola blog ini. Dari perjalanannya yang masih tergolong pendek, sudah banyak hal yang saya dapat dari sini. Mulai dari ilmu tulis menulis , tips seputar blogging, hingga ragam wawasan dari tulisan blogger yang lain. 

Saya akui, dalam bidang blogging saya sebenarnya tak punya latar belakang yang bagus. Di blog sebelumnya yang menggunakan platform Mywapblog, memang saya sudah bergelut dari tahun 2012 hingga akhirnya domain tersebut tutup di tahun 2016 silam. Namun, waktu selama itu nyatanya tak cukup membuat saya menjadi penulis yang baik. 

Kala itu saya tak punya tujuan pasti, selain menulis artikel yang bisa berada di halaman pertama google. Sehingga tak ada pembenahan sedikitpun dalam menulis. Intinya menulis agar dapat pembaca dari mesin pencari.

Tapi patut disayangkan pula, kebiasaan buruk tersebut rupanya masih sering terbawa hingga kini. Hasilnya beberapa tulisan yang diterbitkan di blog ini, mungkin akan terlihat begitu berantakan. Karena detail kecil yang penting kadang luput dari perhatian saya, seperti pelatakkan tanda baca yang kurang tepat, yang justru bisa menggangu pembaca.

Di blog baru ini, padahal saya sudah menetapkan tujuan. Saya ingin menjadi seorang blogger yang punya tulisan yang nyaman dibaca dan bisa terus konsisten. Terkesan sederhana, namun untuk mencapainya, saya butuh waktu untuk belajar terus menerus.

Untung saja, blogger yang saya kenal disini adalah para rekan yang baik. Jika memang ada hal yang kurang dari apa yang saya tulis. Mereka secara tebuka akan memberikan masukan kepada saya.

Untuk itu, saya sangat berterima kasih kepada blogger yang telah perhatian dengan perkembangan tulisan saya. Beberapa dari mereka adalah Mbak Wawa, Mas Desfortin, Mas Mcrokhim, Mas Shiq4, serta blogger lainnya yang tak bisa saya sebutkan satu per satu.

Untuk menjadi penulis yang baik, memang tak hanya perlu kemampuan mencerna informasi yang didapat lalu menuliskannya saja. Kita juga perlu peka dengan pandangan pembaca terhadap tulisan kita. Karena mereka cenderung punya penilaian yang lebih objektif.

Dan tak sekedar ingin berterima kasih, tulisan ini juga sebagai bentuk evaluasi saya selama setahun ini. Dengan Tampilan blog yang sudah mencapai angka 200.000, tentu saya tak boleh terlena begitu saja. Kualitas tulisan yang lebih baik, harus bisa saya ciptakan guna memberi kenyamanan yang lebih bagi pembaca, baik yang datang dari mesin pencari atau dari rekan sesama blogger. Meskipun saya juga tak bisa menjanjikan tulisan yang berisi dengan bahasan yang mendalam.

Terima Kasih untuk semua yang telah mampir dan membaca tulisan-tulisan saya.πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

#BelajarMenulis