Awal-awal ngeblog, tujuan saya hanyalah untuk mendapat pembaca dari mesin pencari. Ya, meski tulisan saya masih semrawut, pun saya tak menguangkan blog, namun saya punya semacam kebanggaan tersendiri kala tulisan saya bisa dibaca banyak orang.

Dari tahun 2012 semenjak mengenal mywapblog, sebuah platform blog yang bisa diakses lewat ponsel, termasuk ponsel 2700 classic yang dulu saya miliki. Tujuan saya menulis hanya untuk mencari kesenangan semu tersebut.

Hingga di akhir tahun 2016, ketika mywalblog terpaksa tutup oleh alasan yang tak dijelaskan oleh pendirinya, Arvind Gupta. Saya pun mencoba mencari tempat baru untuk mengungsikan artikel lama saya, yakni ke wordpress.com.

Saya sebenarnya sempat berniat ke blogspot, namun melihat rating aplikasinya di playstore sangat rendah serta ulasannya yang buruk. Saya pun lebih memilih menginstal aplikasi wordpress.

Tak salah memang, pengalaman pengguna yang ditawarkan wordpress memang terasa lebih mudah dan ramah. Dalam beberapa hari menggunakannya saja, semua fitur hampir saya pahami.

Di sela mempelajari ragam pilihan yang disediakan, sayapun mencoba menelusuri menu “Discover” dimana laman ini menampilkan tulisan-tulisan dari ragam bloger yang diambil secara acak atau berdasarkan kategori.

Di sini lah saya menemukan konten-konten menarik dari bloger lama maupun baru.

Berbeda ketika berada mywapblog, dimana kontennya memang ramai komentar, tapi kebanyakan hanya komentar hasil salin-tempel minta kunjungan balik.

Dari beberapa blog yang saya telusuri, ada blog pribadi yang justru tak dihinggapi banyak komentar. Tapi kala saya membacanya, saya merasa nyaman lantaran semuanya ditulis dengan jujur dan mengalir menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Sementara itu, blog lain yang punya komentar banyak. Saya lihat interaksi yang amat dekat diantara mereka, meski mereka mungkin hanya saling mengenal dalam ruang lingkup blog saja.

Menemui hal ini, saya pun tergerak untuk kembali aktif menulis dengan harapan meraih banyak kunjungan dan komentar, setelah empat bulan sebelumnya saya hanya bergantung pada konten-konten lama yang telah saya selamatkan dari blog terdahulu dan hanya meraih segelintir pembaca.

Sembari memulai kunjungan ke blog lain, saya juga menulis konten baru yang masih saya dasarkan pada konten-konten tentang lagu.

Sempat mengalami kesusahan dalam menulis konten. karena sebagai penulis amatir, blog niche adalah hal yang kurang tepat. Selain dituntut benar-benar menguasai tema yang diangkat, pilihan tema kadang membatasi kemampuan saya dalam menulis.

Hingga tak berselang lama setelah beberapa pertimbangan, saya pun banting setir dengan menjadikan blog ini sebagai blog gado-gado, yang menawarkan ragam tulisan dari pengalaman atau sudut pandang saya sendiri, tanpa harus meninggalkan minat saya dalam musik.

Dengan status sebagai blog gado-gado, kini kemampuan saya dalam menulis pun semakin terasah. Ya, meski belum mampu menciptakan tulisan yang benar-benar bagus atau menggugah banyak orang. Namun saya cukup senang dengan tulisan saya yang sekarang dibanding tulisan saya di awal. Dimana saya dulu tak terlalu mengindahkan tanda baca dan bahkan kadang asal comot ide orang.

Dan setelah setahun lebih mengelola blog di wordpress, pengunjung blog pun kini mulai stabil di angka 2000an perharinya. Walau masih didominasi dari mesin pencari .Tapi, ini pun sudah cukup membuat saya bersemangat.

Dan pencapaian yang saya raih ini, juga tak lepas dari masukan dan pengetahuan dari bloger lain yang saya dapati kala ke saya berkunjung ke blog mereka ataupun sebaliknya.

Dengan datang dari berbagai latar belakang, mereka juga punya gaya tersendiri dalam menulis yang membuat saya termotivasi untuk terus belajar dan menghasilkan tulisan dengan gaya dan rasa saya sendiri.

Dan kini, selain sebagai tempat menelurkan hobi menulis tentang musik. Blog juga menjadi tempat lain untuk saya belajar banyak hal, mulai dari ilmu menulis itu sendiri, hingga pengalaman hidup yang ditulis oleh bloger lain.

Jadi tak hanya merasa senang karena tulisan saya dibaca banyak orang, namun interaksi dengan bloger lain juga meninggalkan kesan mendalam di hati saya.

Mungkin. inilah manfaat yang saya dapat selama menggeluti dunia blog selama ini.

Dan apa kalian juga punya manfaat lain dari kegiatan ngeblog?

Jika ada, bagikan juga ya. Ini sebagai bentuk partisipasi dalam event yang diselenggarakan untuk merayakan satu tahun perayaan Komunitas Obrolin.

Untuk Syarat dan ketentuannya bisa klik, tautan berikut.
Obrolin’s Giveaway: Sebuah Persembahan di Hari yang Istimewa

Dan untuk Mas Desfortin, Mbak Vera, atau Mas Layangseta, saya sarankan juga untuk ikut. Karena kalian juga pasti punya kesan seru selama ngeblog.

Terima Kasih Sudah Membaca.